Pengertian
Skripsi merupakan karya ilmiah hasil kegiatan penelitian mandiri mahasiswa. Mandiri diartikan bahwa perancangan penelitian, pelaksanaan penelitian, penulisan laporan hasil penelitian dilakukan sendiri oleh mahasiswa itu sendiri dengan didampingi oleh dosen pembimbing sebagai fasilitator dalam aspek muatan dan struktur penulisan. Penyusunan skripsi merupakan salah satu syarat wajib untuk menyelesaikan studi pada program sarjana teknik. Skripsi yang disusun sebagai hasil penelitian mempunyai ciri- ciri sebagai berikut:
-
Harus ada permasalahan dari topik yang dipilih.
-
Topik yang dipilih sebaiknya sesuai dengan bidang minat yang dipilih.
-
Judul skripsi dipilih sendiri oleh mahasiswa atau atas saran dosen pembimbing.
-
Didasarkan pada data pengamatan lapangan (data primer) atau analisis data sekunder.
-
Harus ada metodologi yang dikembangkan atau digunakan.
-
Harus melalui proses bimbingan yang berkala oleh dosen pembimbing.
-
Mengikuti tata tulis ilmiah yang berlaku di Program Studi Teknik Elektro UMM.
-
Hasil penelitian dipresentasikan dalam forum seminar hasil skripsi.
-
Skripsi dipertahankan dalam ujian skripsi di depan tim dosen penguji.
Tujuan
Dengan menyusun skripsi diharapkan mahasiswa Teknik Elektro mampu melakukan perancangan (design), perbaikan (improvement), dan pengaplikasian (application) sebuah gagasan untuk memecahkan masalah dalam bidang keahlian/bidang studi teknik elektro secara kritis, kreatif, inovatif, sistematis, dan logis, berdasarkan data/informasi yang akurat dan analisis yang tepat, serta hasilnya dapat dipertanggungjawabkan secara akademik. Dalam penulisan skripsi, mahasiswa harus mematuhi norma-norma akademik sebagai berikut:
-
Keaslian, yaitu mahasiswa dapat menghargai hasil kerja diri sendiri sehingga mahasiswa mampu menghargai hak cipta secara umum.
-
Keterpaduan, yaitu mahasiswa mampu memahami keterpaduan materi-materi kuliah sesuai dengan permasalahan skripsi yang diambil.
-
Kedalaman, yaitu mahasiswa memiliki keahlian dalam bidang keilmuan yang dimilikinya
-
Kemanfaatan, yaitu mahasiswa dapat memberikan kontribusi teoritis ataupun praktis baik pada bidang ilmu yang ditekuni ataupun bagi masyarakat yang lebih luas
Adapun tujuan dari skripsi, agar mahasiswa:
-
Memiliki sikap mental ilmiah.
-
Memiliki kemampuan mengidentifikasi dan merumuskan masalah penelitian yang dinilai penting dan bermanfaat bagi kepentingan pengembangan keilmuan dan masyarakat.
-
Mampu melaksanakan penelitian, mulai dari penyusunan rancangan penelitian, pelaksanaan penelitian, dan penulisan laporan hasil penelitian dan naskah publikasinya.
-
Mampu melakukan kajian secara kuantitatif dan atau kualitatif untuk mendapatkan kesimpulan yang teruji, dan kemudian merekomendasika hasilnya kepada pihak-pihak yang berkepentingan dengan hasilnya.
-
Mampu mempresentasikan hasil skripsi dalam forum seminar dan mempertahankannya dalam ujian lisan di hadapan tim dosen penguji.
Bentuk Skripsi
Skripsi yang diajukan dapat berupa penelitian atau perancangan yang dibagi dalam dua bagian, yaitu proposal skripsi dan laporan skripsi.
-
Skripsi Berupa Penelitian
Skripsi berupa penelitian harus mengandung kejelasan tentang hal-hal yang ingin diselidiki, antara lain :
-
Area dan objek yang akan diteliti.
-
Permasalahan yang ingin dipecahkan.
-
Bagaimana permasalahan tersebut dipecahkan oleh penelitian-penelitian terdahulu (state of the art).
-
Gap Analysis, yaitu bagian/aspek apa yang belum dikerjakan atau kekurangan apa yang terlihat dari penelitian-penelitian sebelum.
-
Alternatif metode apa yang ditawarkan untuk pemecahan permasalahan di atas agar lebih baik dari penelitian sebelumnya.
-
Hipotesa yang ingin dibuktikan/diuji kebenarannya jika menggunakan metode yang ditawarkan.
-
Uraian metode yang dikembangkan.
-
Hasil dan kesimpulan pengujian dibandingkan dengan hipotesa dan penelitian terdahulu.
-
Skripsi Berupa Implementasi Terapan
Skripsi berupa implementasi gagasan harus mengandung beberapa aspek berikut dalam mengimplementasikannya, antara lain:
-
Objek yang akan dirancang, dikembangkan atau diterapkan.
-
Masalah yang menjadi dasar perancangan, pengembangan, atau penerapan.
-
Tinjauan bagaimana rancangan, pengembangan, atau penerapan yang sudah ada sebelumnya.
-
Gambaran hal-hal yang berbeda dengan rancangan, pengembangan atau penerapan yang sudah ada sebelumnya.
-
Deskripsi kelebihan dan kekurangan dari rancangan, pengembangan atau
penerapan yang dilakukan.
-
Metode yang digunakan pada perancangan, pengembangan, atau penerapan yang dilakukan.
-
Hasil dan analisis dari perancangan, pengembangan, atau penerapan yang dilakukan