Pengembangan Kandang Closed House Ayam Petelur dengan Sistem Industri 4.0 Berbasis Potensi Lokal pada PT. Jatinom Indah Agri

Model Kandang Closed House Ayam Petelur Berbasis Teknologi 4.0 yang diterapkan di PT Jatinom Indah Agri Blitar merupakan Kerjasama UMM dengan PT Jatinom Indah Agri yang pendanaannya dari Kemendikbud melalui SKIM Kedaireka Matching Fun dengan TA 2022. Model kandang ini adalah model kandang tertutup yang dioperasikan secara otomatis berbasis teknologi 4.0, ungkap Dr. Ir. Lailis Syafaah, MT dosen elektro, selaku koordinator program ini. Model kandang ini menjamin kenyamanan dan kesehatan dari ayam. Kondisi tersebut sangat dibutuhkan untuk meningkatkan produktifitas ayam selain faktor pakan. Ada 8 program dalam kegiatan ini, antara lain:

  1. Penghitung telur ayam otomatis
  2. Monitoring debit air minum
  3. Bilik bio-security otomatis
  4. Otomasi suhu dan kelembaban
  5. Otomasi feeder poultry farm
  6. Sistem informasi dan monitoring produktivitas telur ayam
  7. Model efisiensi sistem produksi telur penentuan kebutuhan pakan ayam petelur
  8. Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)

Gambar Model Kandang Closed House yang dikembangkan

 

Program ini sangat bermanfaat bagi kami selaku mitra, ungkap Bapak Gunawan Triswanto, ST selaku  manajemen operasional di PT Jatinom Indah Agri Blitar. Model ini akan memperbaiki dan meningkatkan produksi telur di tempat kami. Pak Gunawan Triswanto berharap besar, program ini bisa berlanjut untuk tahun depan. Penelitian ini dilakukan selaras dengan perkembangan teknologi yang maju begitu pesat, menuntut manusia untuk adaptif dalam mengikuti perkembangan zaman. Perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan, harus mampu memenuhi standar keilmuan yang dibutuhkan dimasa sekarang dan masa depan.

 

Dokumentasi Kegiatan