5 Tim dari Teknik Elektro UMM Berhasil Lolos Pendanaan PKM-DIKTI Tahun 2021

Sabtu, 08 Mei 2021 12:17 WIB   Teknik Elektro

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah sebuah kegiatan yang mengupayakan agar tiga faktor utama penjelmaan integratif kreativitas dalam diri manusia dapat dioptimalkan. Faktor utama tersebut adalah pikiran (kognitif), perasaan (afektif), dan keterampilan(psikomotorik). 
 
PKM dilaksanakan pertama kali pada tahun 2001, yaitu setelah dilaksanakannya program restrukturisasi di lingkungan Ditlitabmas Ditjen Dikti. Sedangkan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang dilaksanakan pada tahun 2002 adalah PIMNAS-I kegiatan PKM. Kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang selama ini sarat dengan partisipasi aktif mahasiswa, diintegrasikan ke dalam satu wahana, yaitu PKM. Sebelumnya, pada tahun 1997 Ditlitabmas sudah menginisiasi kegiatan khusus bagi mahasiswa yaitu Karya Alternatif Mahasiswa (KAM) digabungkan bersama Program Pengembangan Budaya Kewirausahaan di Perguruan Tinggi (PPBKPT). KAM kemudian tumbuh menjadi cikal bakal PKM.
 
Sebanyak 5 Tim yang diketuai oleh Mahasiswa dari Program Studi Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil lolos pendanaan PKM-DIKTI Tahun 2021. Hal ini merupakan suatu kebanggaan, karena tim tersebut merupakan bagian dari 102 proposal yang mengantarkan UMM berhasil menduduki posisi pertama Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang memperoleh pendanaan tertinggi se-Indonesia.
 
  
Shared: