Sejarah

 
Program Studi Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) merupakan salah satu prodi kebanggaan di UMM. Prodi Teknik Elektro didirikan berdasarkan akan tingkat kebutuhan akan tekniksi elekto yang terampil untuk menunjang pelayanan teknis didalam ruang lingkup teknologi elektronika di masyarakat.
 
Prodi Teknik elektronika didirikan di UMM pada tahun 1989 berdasarkan Keputusan Menteri Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0743/0/1989 pada tanggal 21 November 1989 yang disahkan atas nama Sekretaris Jenderal Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Bapak Bambang Triantoro. Secara resmi Prodi Teknik Elektro melakukan penerimaan mahasiswa baru Juli 1990 dan perkuliahan dilakukan dan terpusat di Kampus III UMM Jl. Raya Tlogomas 246 Malang 65144. Dengan kenyaataan tersebut, Prodi Teknik Elektro menghadapi tantangan baik dari segi Proses Bisnis Akademik dan Mutu kurikulum. Kedua hal itu menuntut adanya perbaikan secara terus menerus dalam proses pembelajarannya. 
 
Prodi Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Malang telah melakukan banyak hal untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Penyesuaian kurikulum berdasarkan KKNI dan Standar Nasional Perguruan Tinggi  (SNPT) 2014 menjadi Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) juga dilakukan untuk lebih menajamkan focus keilmuan dan optimalisasi kwalitas lulusan sehingga mampu memenuhi kebutuhan pangsa kerja saat ini. Untuk itu kebutuhan
 
peningkatan mutu serta kwalitas practical skills, soft skills, efektivitas pembelajaran diawali dengan penerapan model Student Centered Learning (SCL). 
Perkembangan dan tantangan didunia Pendidikan juga terus mengalami perubahan yang sangat berarti. Prodi Teknik Elektro tidak ingin tertinggal dengan laju era Pendidikan milenial sehingga saat ini Prodi Teknik Elektro berusaha untuk menyesuaikan diri dengan kebutuhan pangsa pasar tidak hanya nasional tetapi kebutuhan pasar internasional. Untuk itu prodi Teknik elektro mempunyai agenda pengembangan seperti berikut ini : 
 
 
Program Studi Elektro UMM saat ini beralamat di Gedung Kuliah Bersama (GKB) 3 Lantai 4, Kampus III UMM, Jl. Raya Tlogomas 246 Malang 65144. No. Telpon 0341- 464318 Pesawat 129 No.Fax 0341-460435 dengan alamat email: elektro@umm.ac.id dan alamat website: elektro.umm.ac.id.
Shared: